KERJA KERAS UNIVERSITAS KUNINGAN DIGANJAR AKREDITASI INSTITUSI “B”

KERJA KERAS UNIVERSITAS KUNINGAN DIGANJAR AKREDITASI INSTITUSI “B”

May 15, 2018 Uncategorized 0

Kuningan,  Awal bulan Ramadhan di Tahun 2018 Menjadi Tahun yang Istimewa bagi segenap Civitas akademika Universitas Kuningan, Universitas Kuningan milik Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan ini, terus menunjukan kualitasnya sebagai salah satu kampus yang mempunyai standarisasi Nasional, yaitu dibuktikan Universitas Kuningan berhasil meraih Akreditasi Institusi “B” dari Badan Akreditas Nasional- Perguruan Tinggi (BAN-PT) berdasarkan surat keputusan Nomor: 97/ SK/ BAN-PT/ Akred/ PT/ V/ 2018 berkat konsistensinya menyelenggarakan Pendidikan yang bermutu, Akreditasi adalah pengakuan terhadap Perguruan Tinggi atau Program Studi yang menunjukkan bahwa Perguruan Tinggi atau Program Studi tersebut dalam melaksanakan program pendidikan dan mutu lulusan yang dihasilkannya, telah memenuhi standar yang ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Penetapan akreditasi oleh BAN-PT dilakukan dengan menilai proses dan kinerja serta keterkaitan antara tujuan, masukan, proses dan keluaran suatu perguruan tinggi atau program studi, yang merupakan tanggung jawab atau program studi masing-masing. Atas raihan Akreditasi Institusi “B”, menunjukan kepada masyarakat bahwa Universitas Kuningan terus berkomitmen kuat dalam meningkatkan penjamin mutu perguruan tinggi baik secara internal maupun eksternal.

Sebagai salah satu perguruan tinggi di Jawa Barat yang terletak di Kabupaten Kuningan, Universitas Kuningan terus meningkatkan kualitas sebagai salah satu perguruan tinggi berkelas kebangaan masyarakat Kuningan, Universitas Kuningan Tergolong kampus yang masih sangat muda, Lahir pada  bulan 17 Juni tahun 2003, Universitas Kuningan terus menujukan sebagai universitas yang patut diperhitungkan. hal ini bisa terlihat dari capaian hasil akreditas BAN-PT  dan kerjasama Nasional dan internasional dengan beberapa universitas luar negeri yang dilakukan kampus yang masih berusia 14 tahun ini,

Rektor Universitas Kuningan Dr. Dikdik Harjadi, M.Si mengatakan, bahwa dengan mendapat nilai Akreditasi Perguruan Tinggi “B”, semoga ini menjadi momentum untuk terus meningkatkan kualitas institusi sehingga uniku terus tumbuh dan berkembang untuk “tandang makalangan” dan menjadi PT yang unggul, seperti visinya “ universitas kuningan menjadi universitas unggul yang memiliki komitmen tinggi terhadap pemberdayaan masyarakat pada tahun 2032”. Kegiatan Visitasi BAN-PT sendiri dilaksanakan selama tiga hari, mulai tanggal 26,27,28 April 2018, dalam kegiatan visitasi tersebut, Pimpinan Universitas  Kuningan dihadapkan dengan 4 Asesor BAN-PT yaitu Prof. Dr. Paulus Israwan Setyoko, M.S. dari Universitas Soedirman Purwokerto, Prof Dr. Ing Adang Suhendra, M.Sc dari Universitas Gunadarma Jakarta, Dr. Eka Ananta Sidarta, M.M, Ak  dari Universitas Negeri Malang dan Dr. Mahriyuin dari Universitas Negeri Medan dalam pemenuhan standar isi, standar proses, standar pendidikan dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, juga kerjasama dan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Satuan Penjaminan Mutu Universitas Kuningan sebagai unit kerja yang mengembangkan SPMI dan pendampingan akreditasi program studi dilingkungan universitas kuningan terus berusaha meningkatkan  dan mendorong penyusun dokumen akreditasi program studi agar mendapatkan hasil sangat memuasakan dan mampu memberikan peningkatan kualitas penjaminan mutu tingkat Nasional dan Global.